MENGHAPUS TATO PERMANEN DI TUBUH

Manfaat alat laser untuk kecantikan sedah lama diketahui. Bahkan, saat ini berkembang alat-alat laser dengan teknologi yang lebih canggih. Tentu, makin banyak indikasi medis yang dapat diterapi dengan alat tersebut. “manfaatnya tidak untuk hanya skin rejuvenation.tepai itu juga dapat menangani kelainan vascular di bawah kulit. Bahkan tattoo removal pun bias dilakukan.” Kata dr Enrina Diah SpBP, spesialis bedah plastic dari Jakarta.
Enrina mengatakan, ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum pasien menjalani terapi laser. Pertama, dokter perlu memastikan kondisi pasien. Agar ekspektasi antara pasien dan dokter bias sama. Jangan lupa dokter juga menjelaskan efek samping terapi laser ini. Salah satu efek sampingnya adalah kulit kemerahan. Dalam kondisi lanjut, efek samping yang mungkin muncul adalah kelainan pigmentasi. Namun, bila terapi dilakukan dengan benar dan operator sudah berpengalaman, efek samping tersebut dapat diminimalkan.
Setelah terapi, pasien diminta mengurangi paparan sinar ultraviolet. Samapai kapan? Sebaiknya dilakukan seumur hidup. Kalau keluar ruangan atau bepergian, jangan lupa mengoleskan sunblok dan diberi obat kortikosterid serta pelembab agar kulit tidak mudah kering.
Pada pasien Tomo, bagian yang bertato dibersihkan, kemudian diberi gel khusus. Mata pasien ditutup dengan kacamata khusus. Sebab, sinar laser mempengaruhi mata. Setelah itu, bagian yang tatonya hendak dihilangkan disinar laser.
Pasien tak perlu dianestesi. Lama prosesnya tergantung berapa luas dan banyak tatonya. Bila seluruh rangkainan selesai, bagian kulit tempat tato berada diberi salep untuk mengurangi efek samping.

0 comments:

Post a Comment